page contents

Wednesday, December 26, 2012

Seribu (1000) jadi 1 (satu)??

Dikutip dari Antaranews.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan sosialisasi redenominasi rupiah akan dimulai awal tahun depan.

"Terkait redenominasi sudah kami masukkan dalam daftar yang akan kita bahas pada 2013. Kami harapkan di Januari-Mei itu akan ada sosialisasi dan konsultasi publik yang aktif sekali tentang redenominasi tersebut," kata Agus usai rapat koordinasi di Gedung Bank Indonesia di Jakarta, Rabu.


Menurut Agus, sosialiasi dan konsultasi tersebut ditujukan agar masyarakat lebih faham maksud dan tujuan redenominasi, termasuk risiko-risikonya.

"Kami tidak mau masyarakat mengira bahwa ini adalah sanering dan untuk masyarakat luas betul-betul harus faham ini," kata Agus.

Agus mengatakan, jika dilihat bahwa kesiapan ekonomi Indonesia baik untuk melaksanakan redenominasi, maka pihaknya akan meneruskan untuk mendorong penyelesaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Redenominasi Mata Uang Rupiah.

"Tapi kita tidak ingin ada suatu persepsi yang salah tentang inisiatif redenominasi itu," lanjutnya.

Agus juga menambahkan, untuk saat ini Kementerian Keuangan lebih memprioritaskan RUU Jaringan Pengaman Sistem Keuangan (JPSK) dibandingkan RUU Redenominasi.

"Kalau ditanya prioritas, RUU JPSK tentu lebih prioritas tapi redenominasi mata uang itu juga ada baiknya. Namun itu kalau kita sudah melakukan konsultasi publik baru nanti kita bisa definitif menyatakan redenominasi itu sesuatu yang perlu diteruskan," kata Agus.

(C005)
Editor: Suryanto

No comments :