page contents

Thursday, August 29, 2013

Prosedur Buka Rekening BCA diperketat

Jika kita berniat menjadi salah satu nasabah Bank sibuk di neger ini, mulai saat ini harap perhatikan beberapa hal berikut ini jika tidak ingin mendapatkan kesan dongkol :


1. Sehat jasmani dan rohani :)
mengapa hal ini saya simpan di nomor 1? ya kalau tidak sedang sehat, kapan kita bisa pergi untuk buka rekeningnya ya...? just kidding sob...

2. Cari informasi alamat kantor BCA terdekat
untuk mendaftar jadi nasabah baru, BCA sekarang memberlakukan sistem domisili, artinya untuk dapat dilayani menjadi nasabah kita harus datang ke kantor cabang (pembantu) BCA yang wilayah kerjanya meliputi wilayah sesuai KTP yang kita miliki. Untuk mengetahuinya kita bisa melihat di sini atau telepon ke 500888

3. Siapkan residential card, a.k.a KTP dan salinannya
4. Siapkan pula salinan Kartu Keluarga, dan Salinan Ijazah atau Akta Kelahiran
Setelah mengetahui lokasi kantor BCA terdekat, jangan lupa bawa KTP/ SIM/ Passport dan salinannya. Selain itu pula pihak bank akan meminta Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran, jika tidak ada, bisa dengan ijazah terakhir. 
saya tidak tau ini maksudnya apa...? :bingung:

5. Kartu NPWP dan salinannya   
bagi yang sudah memiliki NPWP, kartu NPWP juga harap dibawa, berikut salinannnya. NPWP harus ssuai dengan data di KTP, jika tidak sama maka perlu dilakukan update dulu ke Kantor Pelayanan Pajak sesuai KTP.
Jika belum terdaftar sebagai Wajib Pajak, dapat menggunakan surat pernyataan belum memiliki NPWP, dan bila sudah mendaftar untuk memiliki NPWP, kemudian salinannya diserahkan kepada bBCA kemudian hari.

6. Keterangan domisili dan keterangan perusahaan  
Yang ini akan diperlukan jika domisili kita tidak sama dengan KTP, biasanya ini untuk para usahawan atau pekerja yang jauh dari rumah tempat tinggalnya. Pihak BCA akan memfasilitasi pembukaan rekening jika ada Surat Keterangan domisili dari pementahan setempat (kelurahan), ga tau kalau RT/RW bisa ga ya...? 
Sedangkan keterangan dari perusahaan sebagai referensi bahwa kita tinggal di daerah tersebut karena bekerja di perusahaan tersebut.

7. Setoran pertama senilai Rp 500.000,00 atau sesuai setoran minimum lainnya berdasarkan jenis tabungan.

Menurut salah satu pegawai di BCA, pengetatan aturan ini karena seringnya laporan penipuan yang dilakukan nasabah bank atas transaksi jual beli. Pihak bank sekedar ingin memastikan bahwa jika terjadi masalah, pihak bank akan lebih mudah dalam melacak dan mengambil tindakan selanjutnya kepada pihak terlapor.

catatan lainnya :
- Wilayah kerja BCA yang dimaksud adalah calon nasabah kabupaten A kecamatan X, dapat membuka rekening di BCA kabupaten A, wilayah kerja X. artinya tidak bisa membuka di kantor cabang mana saja, harus yang membawahi wilayah operasionalnya. Itu terjadi di Bandung.

- Bank mandiri juga mirip dengan BCA, namun di situsnya dijelaskan bahwa calon nasabah ber-KTP DKI hanya dapat membuka rekening di Bank Mandiri wilayah keja DKI, calon nasabah non-DKI hanya dapat membuka rekening di Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah penerbit KTP.

- Dalam situs BCA, tidak dijelaskan rinci mengenai hal tersebut. Jadi sebelum semangat kita kendor karena penolakan oleh pihak bank, sebaiknya pastikan semuanya sudah sesuai.

- Saya kurang faham untuk Bank lainnya atau kota lainnya.

Ayoo menabung! ga mesti BCA juga ya.. hehe


Tautan lainnya:
aplikasi smsbankink
denominasi

1 comment :

Walidin said...

NPWP itu yang berat ya, kan belum semua orang punya NPWP untuk buka rekening BCA